Cermati Bunga Kredit Mobil Terendah Saat Ajukan Pembiayaan

bunga kredit mobil terendah

Kendaraan seolah sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang, terutama kendaraan roda empat bagi masyarakat perkotaan khususnya. Bahkan karena kebutuhan yang tidak bisa diabaikan inilah, membuat sebagian masyarakat rela mengambil kredit mobil sebagai solusinya. Inilah alasan banyak orang mencari beberapa leasing yang menawarkan bunga kredit mobil terendah.

Setiap orang yang ingin mengambil kredit, tentu penasaran tentang bagaimana jangka waktu kredit yang diberikan simulasi kredit, hingga bunga kredit yang ditawarkan.

Mengenal KKB (Kredit Kendaraan Bermotor)

KKB atau kredit kendaraan bermotor adalah salah satu produk keuangan dari pihak multifinance atau bank, kepada debitur selaku peminjam ketika melakukan pembelian sebuah kendaraan bermotor.

Salah satu faktor pertumbuhan KKB yang semakin meningkat saat ini adalah karena semakin meningkatnya kebutuhan transportasi, terutama mobil pribadi. Tenor atau jangka waktu pembiayaan untuk KKB ini umumnya sekitar 1-5 tahun.

Pada KKB untuk kendaraan bekas, baik perusahaan pembiayaan atau bank yang bersangkutan umumnya menetapkan limit usia mobil yang bisa dibiayai berdasarkan ketentuan dari perbankan. Sehingga, tidak semua mobil bekas dapat dikredit.

KKB dapat diajukan baik oleh individu maupun badan usaha, dengan jaminan pembiayaan berupa BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Salah satu benefitnya yaitu seseorang dapat memperoleh mobil yang diinginkan tanpa harus melakukan pembayaran penuh. Tapi, setiap bulannya harus membayar angsuran pembelian mobil/motor itu sendiri.

Jenis Kendaraan Bermotor yang Dapat Dibeli Melalui Sistem KKB

Ada banyak jenis kendaraan, tapi tidak semua jenis kendaraan dapat dibeli melalui fasilitas Kredit Kendaraan Bermotor. Hanya beberapa jenis kendaraan tertentu yang dapat dibeli menggunakan skema KKB, diantaranya mobil, sepeda motor hingga kendaraan niaga, berupa truk.

Untuk kapal yacht atau pesawat sudah pasti tidak dapat dikredit. Mobil bekas bisa dilakukan kredit, hanya saja untuk mobi-mobil klasik jadul tentu saja tidak bisa.

Adapun alasan mobil klasik yang sudah terlalu lama tidak dapat dikredit dikarenakan bank maupun perusahaan pembiayaan akan melengkapi asuransi kendaraan pada mobil atau kendaraan bermotor yang dibiayai oleh lembaga tersebut. Sementara, mobil yang terlalu tua akan sulit mendapatkan asuransi sebab risiko kerusakannya sangat tinggi.

Meskipun ada, maksimal usianya harus 8 tahun untuk mendapatkan jenis all risk asuransi, sedangkan untuk mendapatkan asuransi TLO (total lost only) berusia maksimal 15 tahun.

Tentu saja mobil-mobil yang sudah tua sudah banyak komponen yang mesti diganti, secara otomatis sudah menghabiskan banyak biaya. Jadi, wajar jika perusahaan asuransi tidak mau mengambil banyak resiko.

Persyaratan Mengajukan Pembiayaan

Sebelum mengajukan kredit kendaraan bermotor, anda harus mengetahui sejumlah persyaratan dalam mengajukan KKB ke perusahaan pembiayaan atau perbankan di Indonesia. Ada beberapa syarat yang perlu anda ketahui di bawah ini:

  • Pemohon berusia minimal 21 tahun dengan usia maksimal 55 tahun ketika kredit lunas.
  • Berdomisili di negara Indonesia dan WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Mempunyai penghasilan dan pekerjaan tetap.
  • Membayar DP (down payment) atau uang muka.

Selain persyaratan umum, anda juga harus mempersiapkan persyaratan dokumen pengajuan KKB. Diantaranya sebagai berikut:

  • Formulir pengajuan.
  • Fotokopi KTP pemohon dan suami/istri atau orang tua (bagi yang belum menikah).
  • Fotokopi KK.
  • Fotokopi Akta Nikah.
  • Slip gaji tiga bulan terakhir.
  • Fotokopi rekening tabungan/koran 3 bulan terakhir.

Ketentuan Pembiayaan

Selain harus memenuhi persyaratan di atas, ada ketentuan kendaraan yang mendapatkan fasilitas KKB. Diantaranya, karena disini kita akan membahas mobil, maka mobil yang akan dibiayai tidak dalam kondisi sudah tua. Di samping itu, untuk transportasi laut atau udara tidak bisa mendapatkan layanan KKB.

Simak ketentuan lainnya:

  • Ketentuan plafon kredit maksimal yang diberikan bank atau perusahaan pembiayaan. Tiap-tiap institusi memiliki plafon bervariasi.
  • Jangka waktu kredit maksimal biasanya mulai dari 5-8 tahun.
  • Selain itu, ada juga bunga yang wajib dibayarkan nasabah kredit.

Biaya-biaya Saat Pengajuan KKB

Ada beberapa biaya yang harus anda keluarkan ketika mengajukan KKB, diantaranya biaya angsuran pertama, biaya administrasi, DP (uang muka) sesuai persentase dari jenis kendaraan yang dibiayai, serta biaya premi untuk asuransi kendaraan.

Dengan kata lain, pembayaran pertama pada KKB ini tergolong berat, sebab anda perlu mempersiapkan DP, belum lagi membayar angsuran pertama dan biaya administrasi. Untuk premi asuransi besarannya akan digabungkan bersama biaya angsuran per bulan.

Bagaimana Jika Cicilan KKB Nasabah Menunggak?

Mungkin anda sering mendengar bahwa ada seseorang yang mobilnya dirampas DC (Debt Collector) akibat menunggak membayar cicilan. Kita tahu bahwa debt collector biasanya mendapatkan tugas dari pihak leasing untuk langsung menarik mobil/motor yang tidak dapat dilunasi oleh nasabahnya sesuai perjanjian.

Namun, nasabah sebenarnya dapat menghindari masalah tersebut apabila memahami fidusia. Fidusia sendiri merupakan pengalihan hak kepemilikan atas sebuah aset berdasarkan kepercayaan, namun benda atau aset ini masih dikuasai oleh pihak tertentu yang mengalihkan.

Selain itu, fidusia sendiri masuk pada perjanjian KKB antara perusahaan pembiayaan dengan nasabah. Adapun fungsinya yaitu supaya mobil yang sedan dikredit tidak ditarik oleh debt collector.

Dengan kata lain, debt collector tidak dapat menarik kendaraan apabila anda melakukan pembayaran fidusia meskipun cicilan macet.

Akan tetapi, ada beberapa juga perusahaan leasing nakal yang tidak mendaftarkan fidusia ke perusahaan jaminan fidusia.

Berapa Bunga Kredit Mobil Terendah?

Sebenarnya bunga kredit mobil yang ditawarkan oleh perbankan atau perusahaan multifinance bervariasi. Bahkan bunga kredit mobil terendah ada yang 6.95% dan paling tinggi adalah 10.8%. Suku bunga ini biasanya diberlakukan setiap tahun dengan DP dan tenor maksimal yang juga berbeda setiap lembaga pembiayaan.

Sebenarnya dengan adanya fasilitas KKB, sangat memudahkan dan meringankan masyarakat yang ingin memiliki kendaraan bermotor dengan cepat tanpa harus membayar cash atau tunai. Anda hanya perlu membayar DP atau uang muka sekitar 25-30% untuk membawa pulang mobil yang anda inginkan. Namun tetap saja, anda harus melunasi kredit tersebut.

Sebagai tips, bagi anda yang ingin melakukan pembelian mobil-mobil bekas, pastikan untuk mengecek kualitas kendaraan dan kondisi mesin kendaraan terlebih dahulu. Agar anda tidak merugi, karena biaya perawatan mobil yang memang tidak sedikit.

Memiliki mobil sendiri meskipun awalnya dengan sistem KKB, membuat kita lebih nyaman dan mudah kemanapun saat bepergian. Anda tidak harus menyewa mobil saat pulang kampung atau pergi ke rumah saudara jauh. Selain itu, jika anda sudah mempunyai kendaraan atas nama sendiri dan BPKB sendiri, tentu saja anda juga bisa menjadikannya sebagai jaminan untuk mendapatkan uang pinjaman.

Ketika membutuhkan dana dalam waktu yang cepat, maka solusi gadai BPKB mobil di Inafina.id dapat dijadikan pilihan ideal. Apalagi, jika cicilan dengan bunga kredit mobil terendah saat mengajukan KKB sudah lunas. Maka, anda hanya perlu mengajukan dana pinjaman dengan plafon maksimal menyesuaikan kebutuhan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Inafina.id