Proses Gadai BPKB Mobil Tanpa BI Checking Anti Ribet, Langsung Cair!

gadai bpkb mobil tanpa bi checking

Program gadai BPKB mobil tanpa BI checking kini memang sedang populer, sejak kehadiran lembaga gadai BPKB mobil online.

Namun tetap saja, anda harus memilih lembaga gadai yang terpercaya, untuk menjamin keamanan BPKB yang diserahkan ke pihak lembaga tersebut.

Gadai BPKB mobil bisa menjadi pilihan ketika membutuhkan dana yang besar, seperti untuk renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya Pendidikan dan masih banyak lagi.

Apalagi nilai mobil yang lebih besar daripada motor, membuat pinjaman dengan gadai BPKB mobil dapat diandalkan.

Ketahui Beda Gadai Unit dan Gadai BPKB

Tidak sedikit calon debitur yang kadang belum bisa membedakan antara gadai unit dengan gadai BPKB. Sebelum memulai gadai BPKB mobil tanpa BI Checking, anda harus mengetahui perbedaan antara keduanya terlebih dahulu:

  1. Gadai Unit

Gadai unit biasanya termasuk jenis gadai non resmi. Non resmi sebab regulasinya masih belum diatur pihak atau lembaga manapun.

Sehingga kebanyakan gadai mobil seperti ini dijalankan perusahaan koperasi, perorangan maupun lembaga lainnya tanpa mempunyai legalitas atau diawasi oleh OJK.

Salah satu kelebihannya adalah prosesnya lebih cepat, apabila anda memerlukan dana secara mendesak, jenis layanan gadai ini mungkin dapat dijadikan pilihan.

Kelebihan yang kedua, yaitu syarat maupun ketentuan cenderung tidak rumit atau lebih lunak. Sebab bisnis tersebut dijalankan perorangan, jadi keputusan dapat diambil satu orang sebagai pemilik mutlak.

Sedangkan kelemahannya adalah bunga global diterapkan selama pinjaman berlangsung. Sehingga prosesnya bukan seperti pada lembaga keuangan atau bank yang mengaplikasikan sistem amortisasi.

Biasanya jangka waktu pemberian pinjaman cenderung lebih pendek. Bahkan maksimal hanya sampai 6 bulan.

Parahnya lagi tidak ada solusi meminimalisir gadai macet. Apabila terjadi keterlambatan dalam pelunasan pinjaman, apapun alasannya, unit atau mobil yang digadai secara otomatis langsung diambil kreditur selaku peminjam atau penyedia dana.

  1. Gadai BPKB

Jenis gadai BPKB adalah bentuk penjaminan dokumen kepemilikan BPKB untuk mendapatkan pinjaman dana sejumlah tertentu.

Proses gadai BPKB mobil ini biasanya dapat dilakukan beberapa lembaga keuangan yang legal, baik itu Pegadaian, perbankan, BPR atau leasing. Regulasi dan aturannya juga lebih jelas daripada gadai unit.

Kelebihannya yaitu penyedia dana atau kreditur mempunyai legalitas, prosedur gadai dan struktur organisasinya juga sangat jelas.

Oleh sebab itu, hanya nasabah tertentu saja yang biasanya dapat memenuhi kriteria sesuai ketentuan yang bisa mengajukan pinjaman. Suku bunga tidak dilakukan perhitungan global.

Akan tetapi, sistem amortisasi akan diberlakukan ketika pelunasan lebih cepat dibandingkan yang seharusnya.

Untuk jangka waktu kredit dapat disesuaikan, bahkan umumnya lebih panjang. Untuk simulasi angsuran, nilai suku bunga serta biaya yang lainnya telah ditetapkan berdasarkan sistem yang telah berlaku, serta dijelaskan pada awal pengajuan pinjaman.

Hanya saja kekurangannya ialah proses administrasi cukup lama. Biasanya calon debitur harus melengkapi berbagai macam dokumen yang telah ditentukan sesuai sistem yang ditetapkan, mulai dari KK, KTP, NPWP maupun dokumen lainnya.

Hal tersebut dikarenakan keputusan memang bukan dari pihak pemilik lembaga. Sehingga prosesnya akan memerlukan waktu lebih lama dibandingkan jenis gadai ke perseorangan seperti gadai unit tadi.

Kelengkapan berkas-berkas pendukung, mulai dari rekening tabungan, slip gaji maupun yang lainnya seringkali dijadikan sebagai syarat untuk melengkapi administrasi.

Bagaimana, sekarang sudah jelas kan perbedaan antara gadai unit dan gadai BPKB mobil? Kini ada banyak lembaga gadai BPKB mobil tanpa BI checking yang menawarkan layanan online. Namun sebelumnya, ada beberapa tips yang harus dipahami.

Tips Sebelum Menggadaikan BPKB Mobil

Jika anda menginginkan gadai BPKB mobil, maka sebaiknya pahami beberapa tips di bawah ini terlebih dahulu sebelum anda menggadaikan BPKB kendaraan roda empat, simak ulasannya:

  1. Ketahui Tujuannya

Memahami tujuan meminjam uang sangat penting. Karena bagaimanapun, jangan asal pinjam dan gadai aset berharga begitu saja jika anda tidak terlalu membutuhkan dana dalam waktu mendesak. Karena mengikuti gaya hidup tidak pernah ada habisnya, jika anda tidak mampu yang ada bisa terlilit hutang terus menerus.

Oleh sebab itu, tentukan dulu tujuan menggadaikan BPKB mobil untuk apa. Apakah untuk kebutuhan mendesak seperti renovasi rumah atau biaya pernikahan misalnya? Jika ya, maka anda bisa langsung memproses pengajuan gadai BPKB mobil.

Pastikan pula, anda bisa membayar cicilan kredit per bulannya agar tidak memberatkan di kemudian hari.

  1. Memilih Lembaga Resmi

Memilih lembaga pembiayaan yang resmi penting sekali, karena kita harus tahu apakah lembaga tersebut bisa menyimpan BPKB mobil yang digadaikan dengan aman ataukah tidak.

Biasanya lembaga gadai non resmi atau illegal akan menjerat debiturnya dengan bunga yang fantastis. Jadi, yang ada justru akan mempersulit dan merugikan keuangan anda.

Sebaiknya cek lembaga legal dengan mengeceknya di web resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) jika ingin mengecek lembaga gadai legal.

Sebab lembaga gadai resmi umumnya menawarkan bunga minimal bahkan cenderung tidak menjerat nasabahnya.

  1. Cek Ketentuan

Jika sudah mantap dengan pilihan gadai BPKB mobil tanpa BI checking yang terpercaya, maka anda hanya perlu mempersiapkan persyaratan dokumen yang diminta.

Silahkan lengkapi dan penuhi syarat maupun ketentuan dari pihak lembaga gadai tersebut, jangan ada yang terlewat. Tujuannya untuk mempercepat proses pengajuan pinjaman gadai BPKB mobil agar cepat cair.

Beberapa berkas yang dibutuhkan seperti faktur pembelian, fotokopi STNK, fotokopi KK, fotokopi KTP maupun dokumen lainnya yang berhubungan dengan kendaraan dan kondisi finansial anda. Sebab pengajuan bisa lebih cepat apabila anda bisa melengkapi persyaratannya dengan lengkap.

Sementara, itulah 3 tips penting yang harus dipenuhi saat ingin mengajukan pinjaman dengan gadai BPKB mobil. Untuk mempercepat proses pencairan, pastikan anda memilih lembaga gadai BPKB mobil tanpa BI checking.

Kenapa Memilih Lembaga Gadai BPKB Mobil Tanpa BI Checking?

Karena BI checking adalah proses yang cukup menyulitkan para nasabah. Dengan melewati BI checking, data terkait kredit nasabah akan dicek terlebih dahulu oleh lembaga gadai.

Apabila tidak pernah ada kredit macet atau lancar, dengan skor kredit yang baik maka nasabah bisa mendapatkan pencairan pinjaman dana lebih cepat.

Namun sebaliknya, jika ternyata masih ada kredit yang menunggak atau macet, dengan skor kredit yang diragukan, bisa-bisa pengajuan anda langsung ditolak.

Sebagai solusinya, inafina.id menawarkan jasa gadai BPKB mobil tanpa BI checking yang dapat membantu nasabah untuk mendapatkan proses pencairan lebih cepat tanpa ribet.

Persyaratan yang diajukan juga sangat mudah, bahkan nilai bunga yang ditetapkan cukup rendah. Jadi, jangan khawatir lagi saat kesulitan keuangan.

Selama anda masih memiliki kendaraan yang BPKB-nya dapat dijadikan jaminan gadai, maka tidak masalah. Selain itu, asalkan BPKB kendaraan harus atas nama sendiri. Kalaupun BPKB-nya masih atas nama pemilik sebelumnya, Inafina.id akan langsung memprosesnya.

Bahkan jika pajak mobil mati sekalipun, bisa diproses oleh tim Kami. Dengan syarat, pencairan akan dikurangi biaya proses pajak mobil mati atau biaya balik nama BPKB.

Untuk informasi selengkapnya, anda bisa menghubungi kontak Customer Service Inafina.id terkait gadai BPKB mobil tanpa BI Checking!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2023 Inafina.id