Proses Refinancing Mobil yang Masih Kredit dan Hal yang Harus Dihindari

refinancing mobil yang masih kredit

Refinancing mobil yang masih kredit merupakan pembaharuan pada kredit mobil yang lama guna mendapatkan modal dalam jumlah yang besar dengan cara tunai.

Melalui persetujuan refinancing ini, para pengajunya akan menerima pinjaman yang baru sesuai tenor dan suku bunga yang sudah ditentukan. Biasanya bunga yang ditentukan bisa lebih rendah maupun tinggi.

Apa Itu Refinancing Mobil yang Masih Kredit?

Apabila anda sedang mencicil kredit kendaraan, sebenarnya ada opsi lain yang dapat dipilih, yaitu refinancing.

Refinancing memiliki pengertian mengganti sebuah pinjaman yang sudah dimiliki melalui pinjaman yang lain.

Proses refinancing bisa dilakukan melalui kreditur sekarang atau berpindah ke kreditur atau pemberi pinjaman lain.

Biasanya tidak ada minimal batasan waktu untuk refinancing, dengan kata lain anda bisa melakukannya secara langsung sesudah melakukan pembelian, bahkan sebelum membayar angsuran pertama.

Kapan Proses Refinancing Dapat Dilakukan?

Proses refinancing mobil yang masih kredit juga bisa dijadikan sebagai strategi untuk mempercepat proses pelunasan cicilan mobil, tapi jika dilakukan dalam kondisi tidak tepat, bisa tidak berguna sama sekali.

Lantas, kapan waktu melakukan refinancing yang tepat? Perhatikan info berikut!

1. History Kredit Baik

Skor kredit adalah skor yang menggambarkan riwayat atau history kredit anda. Di Indonesia sendiri skor atau nilai tersebut didapatkan dari BI Checking, melalui laporan yang tercatat dalam SID (Sistem Informasi Debitur) dari Bank Indonesia.

2. Mobil Dalam Kondisi Baru

Bagi pemilik mobil baru yang belum mencapai 5 tahun penggunaan, dengan angsuran yang hampir selesai bisa memilih refinancing mobil yang masih kredit.

Hal ini dikarenakan, asumsi dana pinjaman yang dapat diterima ketika mengajukan refinancing mencapai 30%. Sehingga, jika kendaraan anda masih baru maka dana tunainya lebih besar.

3. Memerlukan Dana Tunai

Biasanya pengusaha memerlukan dana segar guna melakukan investasi mengembangkan usaha atau mendirikan tempat usaha. Maka dari itu, melakukan refinancing adalah pilihan yang tepat, karena uang yang anda terima bergantung dari nilai appraisal kendaraan anda (biasanya sekitar 85-90% dari harga OTR kendaraan saat ini).

4. Penawaran Bunga yang Lebih Rendah

Waktu yang tepat melakukan refinancing adalah ketika anda ingin menghindari pembayaran angsuran yang tengah berjalan dan memiliki bunga pinjaman tinggi. Pada kondisi saat ini, penurunan pada bunga cicilan membuat refinancing dapat dilakukan. Fungsinya tentu saja untuk melunasi pinjaman saat ini dan mencicil angsuran yang bunganya lebih rendah. Namun tetap ingat, anda belum bisa melakukan refinancing saat jumlah tenor kreditnya masih panjang.

5. Dapat Melunasi Utang di Tempat Berbeda

Jika anda mempunyai utang di berbagai tempat misalnya, maka refinancing mobil kemungkinan bisa membantu melunasi jumlah total utang anda. Dengan demikian, total utang nantinya bisa disatukan dengan menjaminkan BPKB mobil.

Sesuaikan bunga dan tenor cicilan berdasarkan kemampuan keuangan dibandingkan harus repot-repot membayar pelunasan utang per bulannya. Apabila bunga pinjaman rendah, maka anda lebih untung sebab angsurannya lebih ringan.

Cara dan Syarat Melakukan Refinancing Mobil yang Masih Kredit

Proses refinancing mobil yang masih kredit sebenarnya mudah dilakukan apalagi jika anda merupakan nasabah lama perusahaan perbankan tertentu.

Jadi, proses verifikasi dan pendataan akun sampai history keuangan tidak perlu lagi dimulai dari awal. Berikut cara melakukan refinancing pada mobil yang masih kredit, diantaranya:

1. Jumlah Bunga dan Pinjaman

Silahkan pelajari total pinjaman sesuai kebutuhan dengan baik, jumlah dana pinjaman jika anda memberikan jaminan bpkb mobil. Selain itu, kurangi nominalnya dengan nominal cicilan mobil tersisa. Jika sudah, anda bisa mengetahui besarnya bunga pinjaman yang dibebankan beserta jenis bunga pinjaman yang dipilih.

Anda bisa melakukan hal serupa ke beberapa pihak lembaga keuangan yang lainnya untuk memperoleh pinjaman total serupa dengan nilai bunga lebih rendah. Tapi, jangan lupa untuk mengecek kredibilitas dan memastikan lembaga tersebut telah disetujui Otoritas Jasa Keuangan.

2. Melengkapi Persyaratan Dokumen

Dokumen yang harus dipersiapkan biasanya berupa salinan KTP pemohon, KTP suami atau istri fotokopian, NPWP pemohon berupa fotokopian, fotokopi KK, Akta nikah/akta kematian pasangan/cerai, slip gaji, fotokopi mutasi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.

3. Melanjutkan Simulasi Pinjaman

Setelah menentukan perusahaan pembiayaan dan sudah menyertakan semua dokumen di atas. Anda tinggal melakukan simulasi kredit, agar anda dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas sekaligus mengatur skema terkait pembayaran angsuran dilihat dari jenis bunga dan tenor waktu.

4. Melakukan Survey

Tim perusahaan pembiayaan selanjutnya tinggal survey kendaraan dan mengecek kondisi mobil. Maka dari itu, sebaiknya pastikan kendaraan dalam kondisi tetap aman dan berfungsi baik, apakah itu dilihat dari tampilannya maupun kondisi mesinnya.

5. Tahap Persetujuan Refinancing

Apabila proses pengajuan refinancing disetujui oleh leasing atau lembaga keuangan lainnya, maka kreditur tersebut akan segera melunasi pendanaan anda yang tersisa. Dengan begitu, anda akan mendapat pendanan dari sisa pelunasan tersebut. Proses persetujuan untuk refinancing ini bisa berlangsung mulai dari 3-7 hari. Akan tetapi, hal tersebut biasanya menyesuaikan kebijakan masing-masing lembaga keuangan.

Sementara nominal pencairan sendiri dipengaruhi berbagai macam faktor, berdasarkan tahun pembuatan dan kondisi kendaraan yang dijadikan jaminan. Nilai pinjaman di setiap lembaga keuangan sendiri bervariasi, tapi kebanyakan memberikan maksimal batas pencairan hingga 70% dari total taksiran harga kendaraan yang dijadikan agunan.

Hindari Hal Ini Dalam Proses Refinancing

Refinancing sebenarnya termasuk cara berhemat, tapi justru bisa merugi apabila ada beberapa kesalahan yang anda lakukan, diantaranya:

1. Bayar Kredit Pinjaman Mobil Rusak

Ketika anda menentukan tenor pinjaman, sebaiknya pikirkan dan pastikan lagi apakah tenornya sesuai dengan nilai kendaraan tersebut. Tidak sedikit orang masih harus melakukan pembayaran angsuran bahkan ketika mobil sudah rusak.

Untuk menjaga history kredit anda sendiri, tentu saja harus tetap melunasi kewajiban membayar cicilan. Oleh karena itu, anda harus melunasi cicilan secepatnya agar terhindar dari beberapa hal tersebut.

2. Perpanjangan Tenor

Jumlah cicilan kredit yang nominalnya lebih kecil dapat merugikan, apabila masa tenor pinjamannya lebih panjang. Biasanya tenor panjang ini berarti anda harus melakukan pembayaran lebih banyak. Angsuran bulanan yang minimal mungkin menarik, namun anda harus menghitung kerugian dalam jangka panjang.

3. Penalti Pelunasan yang Dipercepat

Dalam KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), penalti atau denda untuk pelunasan dipercepat jarang diterapkan.

Tapi, penting juga memeriksa semua ketentuan dan syarat kredit kendaraan sebelum menandatanganinya.

Apabila anda memutuskan refinancing, maka perhitungan kelayakannya terlebih dahulu dengan cara melakukan perbandingan keuntungan yang dapat diperoleh berikut denda atau biaya yang muncul. Seperti denda atau penalti pelunasan yang dipercepat.

4. Pembayaran Terlambat

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam proses refinancing adalah tidak pelajari detail prosesnya.

Sebaiknya ketahui dulu proses refinancing secara mendetail. Anda harus mengetahui waktu kapan dapat berhenti membayar angsuran ke lembaga kreditur yang sebelumnya, serta kapan mulai mengangsur kredit yang baru.

Jika anda tidak mengetahui informasi ini, maka dapat berdampak pada telat pembayaran, sehingga bisa merusak history kredit.

Dengan mengetahui proses refinancing mobil yang masih kredit, maka anda bisa mengambil langkah yang tepat kapan bisa melakukan prosesnya. Selain itu, ajukan pinjaman dengan gadai BPKB mobil hanya di Inafina.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Inafina.id