Take Over BPKB Mobil, Solusi Dana Tunai Bagi yang Masih Punya Hutang

take over bpkb mobil

Butuh dana tunai, tapi masih punya angsuran di leasing sebelumnya? Jangan khawatir, anda kini bisa memanfaatkan layanan take over BPKB mobil dari Inafina.id

Layanan ini memungkinkan anda tetap mendapatkan pinjaman dengan mengalihkan kredit ke leasing yang baru.

Hal yang tidak pernah terduga dan mengharuskan kita untuk menyediakan uang tunai dalam waktu cepat, terkadang membuat kita pusing tujuh keliling.

Mencari dana pinjaman ke berbagai lembaga seperti bank ataupun ke saudara tidak kunjung mendapatkan hasil. Selain itu, menjual mobil sekalipun masih belum tentu bisa terjual dalam waktu yang cepat.

Ketika anda dilanda dalam situasi sulit ini, ternyata masih ada cara yang bisa dijadikan penyelamat atau solusi untuk mendapatkan dana tunai dalam waktu cepat, seperti halnya memanfaatkan lembaga gadai BPKB.

Melalui pendekatan dan metode hutang piutang seperti ini, maka anda dapat memperoleh uang dalam waktu cepat melalui gadai BPKB mobil. Sehingga, kendaraan anda tidak perlu ditahan.

Sebenarnya ada 2 jenis BPKB untuk dijadikan jaminan dalam mengajukan pinjaman dana tunai, diantaranya mobil dan sepeda motor.

Keduanya menawarkan nilai total hutang berbeda. Jika dana yang anda butuhkan mencapai puluhan juta, maka anda bisa menggunakan BPKB mobil.

Pinjaman Dengan Gadai BPKB Mobil dan Keuntungannya

Sebenarnya ada beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh jika ingin mendapatkan dana tunai dalam waktu cepat dengan menjaminkan BPKB mobil, berikut diantaranya:

  1. Proses Cepat

Tidak sedikit orang menghindari proses gadai, sebab cenderung menawarkan bunga lebih tinggi daripada pinjaman bank.

Namun untuk masalah kecepatan sendiri, gadai BPKB mobil cenderung dapat dijadikan sebagai penyelamat ketika mengalami keterpurukan finansial.

Bahkan pinjaman bank dapat menghabiskan waktu selama berminggu-minggu melalui berbagai macam prosedur dan persyaratan yang cukup rumit, apalagi jika riwayat kredit anda buruk. Sedangkan anda sedang memerlukan dana tunai dalam waktu cepat.

Namun berbeda dengan lembaga gadai, persyaratannya biasanya hanya berbentuk BPKB mobil atau motor yang nantinya dijadikan agunan.

Anda hanya perlu membawa BPKB tersebut ke lembaga finansial terdekat ketika menggadaikannya. Selanjutnya dapat memperoleh sejumlah dana tunai sesuai kebutuhan.

Setelah itu, yang perlu dilakukan adalah hanya membayar cicilan sesuai jangka waktu tertentu. Walaupun cenderung praktis dan cepat, namun anda harus waspada dengan jebakan dari lembaga tertentu.

Sebab kadang kala lembaga gadai memanfaatkan peluang dengan bunga terlalu tinggi, yang dapat memberatkan proses pembayaran.

Apabila dipaksakan, dapat menyebabkan seseorang mengalami gagal bayar, sehingga mobil kesayangan terpaksa harus dibawa mereka. Jadi, harus paham dulu resikonya jika gagal dalam pembayaran.

Cek dan ricek terlebih dahulu, terlebih tentang cicilan dan bunga yang diberikan. Setelah cocok, anda tinggal menggadaikan BPKB mobil ketika membutuhkan dana tunai cepat.

Lembaga gadai biasanya akan mencairkan uang tunai yang dipinjam dalam waktu sekitar 1-2 hari.

  1. Tanpa Memusingkan History Kredit Sebelumnya (BI Checking)

Tidak sedikit orang akhirnya ditolak hanya untuk memperoleh pinjaman dari perbankan maupun lembaga tertentu mengingat riwayat piutangnya buruk. Hal tersebut dapat mempersulit ketika sedang memerlukan dana tunai dalam waktu cepat.

Namun untungnya, kebanyakan pinjaman dengan gadai BPKB tidak perlu BI checking. Bahkan pihak kreditur cenderung tidak mempedulikan histori pinjaman di masa lalu, sebab mereka telah memperoleh jaminan dalam bentuk BPKB mobil dengan nilai lebih besar dibandingkan uang yang mereka pinjamkan.

Apabila debiturnya menunggak, biasanya akan dibebankan bunga dalam jumlah besar. Apabila gagal bayar, pihak kreditur (pemberi pinjaman) akan langsung mengambil mobil anda. Ini artinya, pemberi pinjaman tidak mempunyai resiko apapun.

Namun sebaliknya, anda sebagai debitur mempunyai resiko kehilangan kepemilikan kendaraan apabila kondisi keuangan tidak membaik sesudah meminjam. Namun sisi baiknya, memungkinkan anda dapat memperoleh pinjaman dana dalam waktu singkat.

Sebagai tips, untuk terhindar kemacetan bayar angsuran atau gagal bayar yaitu pastikan dulu pemasukan saat ini. Pastikan dana yang dipinjam tidak lebih dari 40% dari total penghasilan anda setiap tahunnya.

  1. Tanpa Wawancara dan Survey

Sederhananya, peminjam pastinya akan melakukan wawancara dan survey ketika debitur mengajukan pinjaman. Hal ini bertujuan untuk memastikan kelayakan kreditur apakah mampu membayar cicilan atau tidak.

Biasanya wawancara tersebut dalam bentuk beberapa pertanyaan berkaitan dengan penghasilan dan kondisi keuangan saat ini.

Memang pertanyaan tersebut sangat sensitif dibahas. Namun mengingat anda memerlukan dana tunai secepatnya, secara otomatis anda harus membuka rahasia anda.

Namun dengan menggadaikan BPKB mobil, anda dapat menghindari tahapan ini. Sebab ada lembaga gadai yang juga tidak perlu SLIK BI checking serta tidak perlu survey terlebih dahulu (S&K berlaku).

Anda hanya perlu memberikan dokumen berbentuk BPKB, perhatikan dengan seksama tentang angsuran dan bunga yang dibayarkan, serta tandatangani perjanjiannya.

Lantas, Bagaimana Solusinya?

Take over BPKB mobil adalah sebuah layanan multiguna yang tersedia di lembaga gadai. Ada salah satu rekomendasi lembaga gadai yang menyediakan layanan ini, yaitu Inafina.id.

Bagi orang yang awam tentu saja belum akrab dengan fasilitas kredit ini, padahal berkat kelebihannya, bisa sangat membantu anda yang kesulitan keuangan.

Namun perlu diingat jika layanan tersebut bukan layanan over kredit.

Jika over kredit merupakan pemindahan kendaraan atau unit ke orang lain, sebab si pemilik mobil tidak memiliki kemampuan untuk membayar cicilan, atau biasa disebut sebagai istilah pindah unit.

Sementara itu, take over BPKB mobil merupakan layanan pindah kredit atau angsuran dari lembaga finansial yang lama ke yang baru.

Apa saja keunggulan layanan take over BPKB mobil? Berikut ulasannya:

  • Jika kreditur memerlukan uang tunai namun angsurannya masih belum lunas, dapat mengajukan pinjaman dana ulang ke lembaga leasing yang lainnya.
  • Sebagai solusi bagi yang tidak dapat top up di lembaga kredit atau gadai sekarang ini.
  • Menjadi sarana untuk menutupi hutang sementara waktu apabila anda sedang kesulitan mengangsur cicilan.

Cek Ketentuan Take Over Kredit BPKB Mobil

Setiap pengajuan take over BPKB mobil tidak selalu diproses sebab total jumlah angsuran ditempat yang lama cenderung lebih tinggi daripada pencairan dari leasing yang ditawarkan di lembaga gadai kami.

Contohnya, Dina baru membeli mobil dengan cara kredit di sebuah leasing A yang total tenornya 4 tahun. Selain itu, angsuran baru berjalan 1 tahun atau 12 bulan.

Mengingat ia sedang mengalami kebutuhan yang mendesak untuk biaya Pendidikan anak, maka ia mengajukan pinjaman dengan take over BPKB mobil untuk mendapatkan dana dalam waktu cepat.

Maka pengajuannya tentu saja akan ditolak sebab sisa tenor pinjamannya masih berlangsung selama 3 tahun. Jika dihitung, biaya pelunasannya tentu masih sangat tinggi.

Karena rata-rata proses take over BPKB mobil bisa diproses apabila angsuran nasabah telah berjalan setidaknya 60% dari jumlah sisa tenor.

Sehingga untuk kasus seperti di atas, Dina baru dapat mengajukan jika jangka waktu sudah berjalan paling tidak setelah 2.5 tahun.

Untuk lebih jelasnya mengenai take over BPKB mobil ini, anda bisa langsung menghubungi tim CS kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Inafina.id