Tips Membeli Rumah Secara Cerdas & Tepat Agar Tidak Ada Penyesalan

tips membeli rumah

Membeli rumah adalah salah satu pembelian termahal yang Anda lakukan. Ada beberapa hal yang sebelumnya dapat dilakukan supaya Anda dapat menghemat uang, waktu, dan tingkat stres selama proses pemindahan.

Berikut adalah tips membeli rumah paling cerdas yang sudah banyak orang jalankan supaya tidak timbul rasa penyesalan kedepannya.

Buatlah Simulasi dengan Angka untuk Memastikan Pembelian Masih Masuk Akal

Bertolak belakang dengan beberapa kesalahpahaman umum, menurut penelitian dari Survei Sensus dan Vaksin Kepemilikan Rumah, generasi milenial telah mendorong peningkatan kepemilikan rumah baru-baru ini.

Buatlah perhitungan yang rasional berdasarkan berapa besaran penghasilan perbulan Anda serta pengeluaran harian yang seharusnya tidak boleh terganggu akibat rencana kepemilikan rumah.

Apabila ingin menggunakan fasilitas KPR (kredit pemilikan rumah), tanyakan berapa persen bunganya, lalu flat untuk berapa tahun dan apakah ada pinalti jika melakukan pelunasan dipercepat.

Carilah properti yang sekiranya mampu dijangkau oleh kemampuan finansial Anda, tidak perlu memaksakan harus di tengah kota sebab rata-rata harganya sudah tidak masuk akal lagi.

Tips Membeli Rumah Paling Penting: Gunakan Agen Properti atau Real Estate

cara beli rumah di jakarta

Mungkin Anda merasa cukup cerdas, tetapi akan menjadi puncak keangkuhan untuk berpikir bahwa Anda bisa memahami seluruh seluk beluk membeli rumah secara lebih baik daripada seorang ahli.

Inafina.id adalah situs pembelian rumah terbaik yang menggunakan konsep pelayanan cepat dan bisa langsung survey.

Konsumen dapat langsung hubungi kami menggunakan fasilitas WA atau SMS dan selanjutnya tim marketing di lapangan yang bertugas menghandle setiap unit rumah akan segera menghubungi Anda.

Inafina property akan membantu menemukan rumah terbaik dan juga apartemen dengan investasi yang menguntungkan serta ruko yang strategis untuk bisnis Anda.

Perlu diketahui bahwa dalam pencarian properti idaman, lebih baik gunakan agen real estate aga bisa menghemat waktu.

Tidak perlu takut untuk dimintai fee sebab agen resmi pasti sudah memperolehnya dari pihak pengembang atau developer sehingga Anda tidak perlu memberikannya juga.

Gunakan Teknologi Internet untuk Melakukan Perbandingan

Selanjutnya untuk tips membeli rumah. Internet telah membuat kita makin mudah menemukan dan membandingkan tingkat suku bunga KPR antar bank, selain mudah diakses, pengajuan pun akan semakin cepat.

Bagi pembeli rumah yang baru pertama kali, tentu masih bingung dalam menentukan mana hitungan yang terbaik bagi mereka.

Namun kita tahu bahwa setiap orang pasti ingin mendapatkan harga terbaik dengan bunga KPR teringan.

Beberapa bank mungkin tidak menawarkan suku bunga terbaik, tetapi mereka sering kali lebih mudah dalam proses pengajuannya.

Saat ini memang sudah banyak situs jual beli properti yang bertebaran di internet, namun perlu sedikit teliti juga sebab kebanyakan produknya sudah tidak ready lagi atau memang produk sebenarnya tidak ada.

Hitung dengan Tepat Berapa Banyak yang Ingin Dibelanjakan & Bertahan untuk Itu

financial planning beli rumah

Anda harus membuat keputusan sejak awal untuk tidak menghabiskan lebih banyak uang per bulannya demi angsuran KPR, asuransi pemilik rumah, pajak dan pembayaran utilitas lainnya.

Memiliki rumah dengan cara ini memang sangat membatasi pilihan Anda untuk hal yang berhubungan dengan finansial, apalagi kenaikan harga-harga barang semakin meningkat setiap tahun.

Bersabar selama beberapa waktu tentu sangat menyakitkan, namun itu lebih baik daripada angsuran KPR macet dan akan berdampak buruk bagi keluarga.

Hanya ada 2 solusi saja sebagai tips membeli rumah yang sangat ampuh yaitu meningkatkan pendapatan atau mengurangi pengeluaran yang sifatnya konsumtif.

Ada baiknya pelajari dulu cara KPR rumah sebelum bertindak lebih lanjut.

Lakukan Diskusi Terbuka dengan Pasangan Tentang Gaya Hidup yang Diinginkan

Rumah pertama Anda kemungkinan bukan rumah terakhir Anda, tetapi orang-orang tinggal di rumah mereka lebih lama – rata-rata sepuluh tahun.

Itu berarti melakukan diskusi terbuka dengan pasangan Anda (atau merefleksikan sendiri) tentang bagaimana Anda ingin hidup hari ini dan bagaimana Anda ingin hidup di masa depan.

Misalnya, Anda dan istri selalu menyewa apartemen dengan dua kamar tidur dan berpikir akan melakukan hal yang sama untuk rumah baru, tetapi Anda segera menyadari bahwa sebenarnya menginginkan kamar tidur ketiga untuk masa depan untuk si buah hati.

Teliti Area Target Secara Agresif

persyaratan beli rumah

“Lokasi, lokasi, lokasi” sesuai dengan kebenaran lama, dan itu bertahan. Di luar preferensi pribadi, Anda masih harus mempertimbangkan arah harga perumahan yang sedang tren secara historis dan apa penjualan yang dapat dibandingkan untuk rumah-rumah dengan umur, dan tata letak persegi yang sama dengan apa yang ingin dibeli.

Tentu setiap orang ingin juga properti yang dibeli harganya bisa terus naik kedepannya, walaupun sebenarnya tidak ada niat untuk menjual rumah tersebut.

Di tips membeli rumah ini, kami juga merekomendasikan untuk membuat peta kejahatan untuk melihat pola dan jenis kejahatan apa yang terjadi di daerah yang Anda cari selama setahun.

Tindakan antisipasi sejak awal perlu dilakukan demi kenyamanan dan keamanan diri Anda serta keluarga tercinta.

Pelajari setiap akses menuju tempat tinggal Anda mulai dari jalur alternatif, sarana transportasi, kantor polisi terdekat, serta fasilitas-fasilitas umum lainnya supaya dalam keadaaan apapun Anda mudah mengaksesnya.

Lakukan Cek di Banyak Tempat

Membeli rumah pertama bagi Anda kemungkinan akan menjadi salah satu pembelian terbesar yang pernah dibuat, dan kemungkinan utang terbesar yang pernah Anda keluarkan pada satu waktu.

Itu pun mungkin dapat membuat Anda merasa stres seiring bertambahnya jumlah biaya tambahan, termasuk biaya inspeksi rumah yang mungkin Anda putuskan untuk dibayar.

Oleh sebab itu perlu ada perhitungan khusus mengenai biaya-biaya apa saja yang perlu dikeluarkan suapaya tidak menyakiti isi dompet Anda.

Ada baiknya lakukan survey ke setiap pengembang perumahan dan tanyakan kira-kira biaya apa saja yang dipungut setelah tinggal disini.

Namun sebesar apapun biaya yang harus ditanggung, tinggal di rumah impian lebih baik dibandingkan di apartemen sebab jika di apartemen banyak sekali yang harus dikeluarkan perbulannya.

Buatlah Plan B

tips membeli rumah untuk pasangan muda

Tips membeli rumah selanjutnya ialah sehebat apapun konsultan atau pakar yang Anda rekrut pada saat melakukan pembelian rumah, tetap saja Andalah yang menjadi penasihat terbaik bagi diri Anda sendiri.

Hal yang biasanya ditakuti oleh pihak pemilik rumah dan pihak bank adalah terjadinya kredit macet angsuran KPR.

Mungkin dalam waktu 1 sampai 5 tahun pembayaran Anda masih lancar, namun bagaimana di tahun ke 10?

Saran dari kami adalah lebih baik ambil KPR dengan dp (uang muka) awal yang besar, itu akan meminimalisir resiko gagal bayar.

Buatlah proyeksi, kira-kira berapa besar penghasilan Anda nantinya, apakah semakin meningkat atau justru berpotensi menurun.

Jika saat ini Anda adalah seorang karyawan dan nantinya berniat untuk menjadi seorang wirausaha, lebih baik siapkan dana khusus yang hanya dialokasikan kepada cicilan KPR.

Akan lebih baik jika pihak istri masih memiliki penghasilan rutin bulanan untuk mengantisipasi apabila bisnis yang baru dibangun masih belum memperoleh keuntungan secara stabil.

TETAPI bukan berarti tidak ada cara atau jalan keluar apabila suatu saat nanti Anda terpaksa menghadapi kondisi yang dimana keuangan tidak stabil sehingga mempengaruhi kemampuan bayar utang.

tips membeli rumah kpr agar tidak tertipu

Lebih baik satu bulan sebelum jatuh tempo, segera lakukan take over sertifikat Anda untuk bisa memperoleh dana segar yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Demikian tips singkat kami mengenai tips membeli rumah bagi pemula, semoga bisa berguna bagi Anda semua.

Bagi yang ingin mencari rumah, apartemen atau ruko, silakan hubungi tim Inafina Property dengan situs resminya yaitu inafina.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp CS 24 Jam (Chat Only)